Kamis, 06 Oktober 2011

Pelajar RI Raih Medali di Olimpiade Astronomi


BANDUNG - Tim Olimpiade Astronomi Indonesia berhasil meraih dua medali perak dan satu perunggu dalam International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) ke-5 di kota Katowice dan Krakow, Polandia. Kompetisi bergensi ini digelar sejak 25 Agustus hingga 4 September 2011.

Tim Indonesia terdiri dari lima siswa yaitu Raymond Djajalaksana (SMA IPEKA Sunter Jakarta), Ko Matias Adrian Kosasih (SMA Negeri 5 Bekasi), Muhamad Wildan Ghifari (SMA Semesta, Semarang), Miftahul Hilmi (SMA Negeri 1 Gresik), dan James Lim (SMAK Petra Surabaya). Tim ini merupakan delegasi dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) untuk mengikuti IOAA ke-5.

Siswa peraih medali adalah Ko Matias Adrian Kosasih dan Raymond Djajalaksana yang menyabet dua medali perak dan satu medali perunggu yang diperoleh Muhamad Wildan Ghifari.

Dalam olimpiade internasional itu, mereka didampingi oleh Dr. Hakim L. Malasan (Institut Teknologi Bandung) sebagai leader dan Dr. Mohammad Ikbal Arifiyanto (Institut Teknologi Bandung) sebagai deputy leader, serta Rizal Alfian, S.Kom, M.Si (Direktorat Pembinaan SMA) sebagai observer.

Mereka harus berkompetisi melawan 134 siswa dari 29 tim yang berasal dari 26 negara. “Peserta IOAA kali ini jauh lebih banyak dari penyelenggaraan sebelumnya,” kata Rizal Alfian, melalui email yang diterima okezone, Senin (5/8/2011) malam.

Rizal, yang mewakili Direktorat Pembinaan SMA, mengatakan IOAA ke-5 diprakarsai Pemerintah Provinsi Silesia, Polandia dan Kementerian Pendidikan Polandia. “Selama di Polandia, Tim Olimpiade Astronomi Indonesia tidak mengalami hambatan dan gangguan yang berarti. Selanjutnya, IOAA ke-6 akan diselenggarakan Agustus 2012 di Rio De Janeiro, Brazil,” tuturnya.

Tim Olimpiade Astronomi Indonesia sendiri akan mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta, Senin 5 September 2011 dengan menggunakan Qatar Airways Flight No. 670 pukul 21.45 Terminal 2D.(rhs)

Sumber Berita : Okezone.com

Tidak ada komentar: