SBI : ADALAH SEKOLAH NASIONAL YANG MENYIAPKAN PESERTA DIDIKNYA BERDASARKAN STÁNDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) INDONESIA DAN TARAFNYA INTERNASIONAL, SEHINGGA LULUSANNYA MEMILIKI KEMAMPUAN DAYA SAING INTERNASIONAL.
( SBI = SNP + X )
SNP Standar komponen utama dlm SNP (PP 19/2005) : Standar Isi, Proses, Kompetensi lulusan, Pendidik & Tenaga kependidikan, Sarana & prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan, dan Penilaian pendidikan.
X merupakan penguatan, pengayaan, perluasan, pendalaman, penambahan dan pengembangan terhadap SNP
Lulusan SBI diharapkan menguasai kemampuan-kemampuan kunci global agar setara dengan rekannya dari negara-negara maju, dengan tetap berjatidiri Indonesia.
SBI perlu mencari mitra internasional, sekolah atau lembaga tes/ sertifikasi (IS0) dari USA, Australia, Jerman, Perancis, Jepang, Singapore dll yang mutunya telah diakui secara internasional.
PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN SBI
1. Pengembangan SBI berpedoman pada SNP + X
2. Dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan prakarsa sekolah (demand driven and battom-up)
3. Kurikulum harus bertaraf internasional, yang ditunjukan oleh isi (content) yang mutakhir dan canggih sesuai dgn IPTEK global (matapelajaran ditulis dengan bahasa inggris)
4. Menerapkan MBS dlm mengelola sekolah yang dikelola dengan tatakelola yang baik (mengarah pada standar ISO)
5. Menerapkan PBM yang pro perubahan, yaitu yg mampu menumbuhkan dan mengembangkan daya kreasi, inovasi, nalar dan eksperimentasi untuk menemukan hal-hal baru.
6. Menerapkan prinsip2 kepemimpinan transformasinal/ visioner, yaitu kepemimpinan yg memiliki visi ke depan yang jelas, kemana SBI kan dibawa dan bagaimana cara menggerakan warga sekolah untuk mencapai visi yang diinginkan
7. Memiliki SDM yg profesional dan tangguh baik guru, kepala sekolah, tenaga tata usaha, komputer, laboran, pustakawan, penguasaan ICT dsb
8. Didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap, relevan, mutakhir, canggih dan bertaraf internasional. (Perlu dilakukan telaah terhadap sarana dan prasarana yang ada saat ini dan dilakukan modernisasi)
( SBI = SNP + X )
SNP Standar komponen utama dlm SNP (PP 19/2005) : Standar Isi, Proses, Kompetensi lulusan, Pendidik & Tenaga kependidikan, Sarana & prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan, dan Penilaian pendidikan.
X merupakan penguatan, pengayaan, perluasan, pendalaman, penambahan dan pengembangan terhadap SNP
Lulusan SBI diharapkan menguasai kemampuan-kemampuan kunci global agar setara dengan rekannya dari negara-negara maju, dengan tetap berjatidiri Indonesia.
SBI perlu mencari mitra internasional, sekolah atau lembaga tes/ sertifikasi (IS0) dari USA, Australia, Jerman, Perancis, Jepang, Singapore dll yang mutunya telah diakui secara internasional.
PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN SBI
1. Pengembangan SBI berpedoman pada SNP + X
2. Dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan prakarsa sekolah (demand driven and battom-up)
3. Kurikulum harus bertaraf internasional, yang ditunjukan oleh isi (content) yang mutakhir dan canggih sesuai dgn IPTEK global (matapelajaran ditulis dengan bahasa inggris)
4. Menerapkan MBS dlm mengelola sekolah yang dikelola dengan tatakelola yang baik (mengarah pada standar ISO)
5. Menerapkan PBM yang pro perubahan, yaitu yg mampu menumbuhkan dan mengembangkan daya kreasi, inovasi, nalar dan eksperimentasi untuk menemukan hal-hal baru.
6. Menerapkan prinsip2 kepemimpinan transformasinal/ visioner, yaitu kepemimpinan yg memiliki visi ke depan yang jelas, kemana SBI kan dibawa dan bagaimana cara menggerakan warga sekolah untuk mencapai visi yang diinginkan
7. Memiliki SDM yg profesional dan tangguh baik guru, kepala sekolah, tenaga tata usaha, komputer, laboran, pustakawan, penguasaan ICT dsb
8. Didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap, relevan, mutakhir, canggih dan bertaraf internasional. (Perlu dilakukan telaah terhadap sarana dan prasarana yang ada saat ini dan dilakukan modernisasi)
1 komentar:
hey aku aziz safarwaddi,anu pang kasepna
Posting Komentar